Pages

Jumat, 07 Desember 2012

Gejala Heat Stress


Gejala heat stress dan heat stroke pada burung, serta cara mengatasinya
Burung yang berada dalam kandang aviari di luar ruangan umumnya jarang mengalami masalah yang berhubungan dengan cuaca panas, tidak peduli seberapa panas suhu di luar.  Hal ini bertolak belakang dari burung yang dipelihara dalam sangkar kecil, di mana mereka  rentan terkena sengatan panas matahari. Apalagi jika terlalu lama dijemur, bisa fatal akibatnya.


Burung yang mengalami serangan panas tersebut juga akan mengalami heat stress atau stres akibat kepanasan. Ciri-cirinya, burung akan melebarkan kedua sayapnya dan tenggorokannya terlihat seperti sedang memompa dengan nafas terengah-engah.
Ketika sayap dikepakkan, atau dilebarkan, burung bermaksud mengeluarkan panas dari dalam tubuh  melalui mulutnya.
Ini berbeda dari manusia yang memiliki kelenjar keringat, sehingga panas tubuh  dikeluarkan melalui keringat. Burung tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga panas tubuh dikeluarkan dengan jalan memompa keluar melalui tubuhnya.
Jika burung mengalami heat stress terlalu lama, matanya terlihat seperti berkaca-kaca (berair) dan ia menjadi tidak responsif lagi terhadap rangsangan luar seperti kebisingan. Kalau gejala tersebut dibiarkan, yang terjadi berikutnya burung akan mengalami stroke atau heat stroke.
Gejala klinis dari heat stroke antara lain burung akan berputar-putar di tangkringan atau melompat-lompat naik turun dari tangkringan ke dasar sangkar. Lama-lama cengkeramannya  mulai melemah.
Klimaksnya burung akan jatuh dan tubuhnya mengalami kejang-kejang, yang terjadi akibat adanya gumpalan dalam pembuluh darah. Gumpalan darah itulah yang mencegah darah mengalir ke berbagai organ tubuh burung, termasuk ke bagian otak.
Karena itu, diperlukan kecermatan dalam melakukan penjemuran burung. Mengenai bagaimana teknis penjemuran yang baik, serta cara membuat suasana yang menyejukkan bagi burung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Merpati Indonesia. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes And TM Web Design.